PENANGKAL PETIR SURABAYA


PETIR


Petir merupakan gejala alam yang sering terjadi pada musin hujan yang di tandai dengan munculnya kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan mata. Beberapa saat kemudian akan muncul suara menggelegar yang di sebut guruh. Terdapat beberapa pengertian petir dalam masyarakat diantaranya ada yang menyebut guntur, halilintar, bledeg, kilat , perbedaan waktu munculnya kilatan cahaya dengan suara gemuruh disebabkan adanya perbedaan kecepatan antara cahaya dengan kecepatan suara



Petir merupakan gejala alam yang juga bisa kita analogikan dengan sebuah kapasitor raksasa, dimana lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud), dimana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.
Terdapat beberapa definisi dari petir, antara lain:

- Fenomena alam yang merupakan Pelepasan muatan elektrostatis yang berasal dari badai guntur
- Pelepasan muatan ini disertai dengan pancaran cahaya dan radiasi elektromagnetik lainnya
- Arus listrik yang melewati saluran pelepasan muatan tadi dengan cepat memanaskan udara dan
   berkembang sebagai plasmayang menimbulkan gelombang bunyi yang bergetar (guntur) di atmosfir.

Menurut batasan fisika, petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda. Prinsip dasarnya kira-kira sama dengan lompatan api pada busi. Di alam sekitar kita, petir biasa terjadi pada awan yang tengah membesar menuju awan badai (Cumulonimbus). Sedemikian raksasanya sampai-sampai ketika petir itu melesat, tubuh awan akan terang dibuatnya. Dan, sebagai akibat udara yang terbelah, sambarannya yang rata-rata memiliki kecepatan 150.000 km/detik itu juga akan menimbulkan bunyi yang menggelegar bunyi yang kemudian biasa kita sebut: geluduk, guntur, atau halilintar. Dalam musim penghujan seperti saat inilah awan-awan jenis ini banyak terbentuk.
Di lain kesempatan, ketika akumulasi muatan listrik dalam awan tersebut telah membesar dan stabil, lompatan listrik (eletric discharge) yang terjadi pun akan merambah massa bermedan listrik lainnya, dalam hal ini adalah Bumi. Penghubung yang 'digemari', merujuk Hukum Faraday, tak lain adalah bangunan, pohon, atau tiang-tiang metal berujung lancip.

Memang belum pernah ada ilmuwan yang pernah menekuni langsung bagaimana terjadinya fenomena alam ini. Namun, mereka menduga hingga lompatan bunga api listriknya sendiri terjadi, ada beberapa tahapan yang biasanya dilalui. Pertama adalah pemampatan muatan listrik pada awan bersangkutan. Umumnya, akan menumpuk di bagian paling atas awan adalah listrik muatan negatif; di bagian tengah adalah listrik bermuatan positif; sementara di bagian dasar adalah muatan negatif yang berbaur dengan muatan positif. Pada bagian bawah inilah petir biasa berlontaran.

Besar medan listrik minimal yang memungkinkan terpicunya petir ini adalah sekitar 1.000.000 volt per meter. Bayangkan betapa mengerikannya jika lompatan bunga api ini mengenai tubuh makhluk hidup!
Penyebab terjadinya petir adalah perbedaan potensial antara awan dan bumi. Proses terjadinya petir kira-kira seperti ini, awan itu selalu bergerak terus menerus dan selama pergerakannya akan terus berinteraksi dengan awan lainnya sehingga menyebabkan muatan negatif dan positif pada awan memisah. Muatan negatif akan menempati salah satu sisi ( atas atau bawah ) dan muatan positif di sisi yang lain. Oleh karena itu lah awan bisa mengandung muatan. Sedangkan di saat yang bersamaan bumi itu selalu netral, sehingga terjadi perbedaan potensial antara awan dan bumi.
Tipe petir yang paling umum adalah:

 1. Petir dari awan ke tanah (CG).
Petir yang paling berbahaya dan merusak, kebanyakan berasal dari pusat muatan yang lebih rendah dan mengalirkan  muatan negatif ke tanah, walaupun kadang-kadang bermuatan positif (+) terutama pada musim dingin

 2. Petir dalam awan (IC).
Tipe yang paling umum terjadi antara pusat muatan yang berlawanan pada awan yang sama. Biasanya kelihatan pada cahaya yang menghambur biasanya berkelap-kelip.

 3. Petir antar awan (CC)
Terjadi antara pusat muatan pada awan yang berbeda. Pelepasan muatan terjadi pada udara cerah antara awan tersebut.

  4.  Petir awan ke udara (CA).
Terjadi jika udara di sekitar awan (+) berinteraksi dengan udara yang bermuatan (-). Jika ini terjadi pada awan bagian bawah maka merupakan kombinasi dengan petir tipe CG. Petir CA tampak seperti jari-jari yang berasal dari petir CG.

Sejarah Penemuan Penangkal Petir

  • Salah satu fenomena yang indah tapi mengerikan adalah salah satunya petir, petir kalau diperhatikan pada malam hari sangat indah yang cahayanya mampu menerangi permukaan bumi hingga terang benderang , namun di balik semua itu ada bahaya yang dahsyat dari fenomena petir itu sendiri , sambaranya bisa menghancurkan apapun yang terkena sambarannya. Untuk itu para ahli melakukan beberapa penelitian/riset mengenai petir dan pencegahan terkenanya sambaran petir.

Riset awal
Pada awal penyelidikan listrik melalui tabung Leyden dan peralatan lainnya, sejumlah orang (Dr. Wall, Gray, Abbé Nollet) mengusulkan spark skala kecil memiliki beberapa kemiripan dengan petir.

Benjamin Franklin, yang juga menemukan penangkal petir, berusaha mengetes teori ini dengan menggunakan sebuah tiang yang didirikan di Philadelphia. Selagi dia menunggu penyelesaian tiang tesebut, beberapa orang lainnya (Dalibard dan De Lors) melakukan di Marly di Perancis apa yang kemudian dikenal sebagai eksperimen Philadelphia yang Franklin usulkan di bukunya.

Franklin biasanya mendapatkan kredit untuk menjadi yang pertama mengusulkan eksperimen ini, karena dia tertarik dalam cuaca.

Riset modern

Meskipun eksperimen dari masa Franklin menunjukkan bahwa petir adalah sebuah discharge dari listrik statis, hanya ada sedikit peningkatan dalam teori ini selama lebih dari 150 tahun. Pendorong untuk riset baru berasal dari bidang teknik tenaga: jalur transmisi tenaga digunakan dan teknisi ingin mengetahui lebih banyak tentang petir. Meskipun sebabnya diperdebatkan (dan masih berlanjut sampai sekarang), riset menghasilkan banyak informasi baru tentang fenomena petir, terutama jumlah arus dan energi yang terdapat.

Perlindungan terhadap Sambaran Petir

Manusia selalu mencoba untuk menjinakkan keganasan alam, salah satunya adalah bahaya sambaran petir. Ada beberapa metode untuk melindungi diri dan lingkungan dari sambaran petir. Metode yang paling sederhana tapi sangat efektif adalah metode Sangkar Faraday. Yaitu dengan melindungi area yang hendak diamankan dengan menancapkan beberapa batang tembaga runcing di hubungkan melalui konduktor untuk di sebarkan kebumi/pembumian/grounding system





Rangkain Instalasi Penangkal Petir

 Batang penangkal petir berupa batang tembaga yang ujungnya runcing. Dibuat runcing karena muatan listrik mempunyai sifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing. Dengan demikian dapat memperlancar proses tarik menarik dengan muatan listrik yang ada di awan. Batang runcing ini dipasang pada bagian puncak suatu bangunan.








Kabel Konduktor

Kabel konduktor terbuat dari jalinan kawat tembaga. Diameter jalinan kabel konduktor sekitar 1 cm hingga 2 cm . Kabel konduktor berfungsi meneruskan aliran muatan listrik dari batang muatan listrik ke tanah. Semakin besar kabel konduktor semakin baik pula dalam menghantarkan arus petir.






Tempat Pembumian



Tempat pembumian (grounding) berfungsi mengalirkan muatan listrik dari kabel konduktor ke batang pembumian (ground rod) yang tertanam di tanah. Batang pembumian terbuat dari bahan tembaga berlapis baja, dengan diameter 1,5 cm dan panjang sekitar 1,8 - 3 m . Dalam sistem pembumian ada acuan untuk menilai hasis tahanan sambaran / resistensi yaitu harus di bawah 5 Ohm, hal ini disebabkan karena akan efektif dalam melakukan menetralkan sambaran petir tersebut ke dalam bumi. untuk melakukan di lakukan dengan beberapa cara agar mendapatkan hasil yang maksimal

 

Cara Kerja Penangkal Petir
Saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrik positif di tanah akan segera tertarik. Muatan listrik kemudian segera merambat naik melalui kabel konduktor , menuju ke ujung batang penangkal petir. Ketika muatan listrik negatif berada cukup dekat di atas atap, daya tarik menarik antara kedua muatan semakin kuat, muatan positif di ujung-ujung penangkal petir tertarik ke arah muatan negatif. Pertemuan kedua muatan menghasilkan aliran listrik. Aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah, melalui kabel konduktor, dengan demikian sambaran petir tidak mengenai bangunan. Tetapi sambaran petir dapat merambat ke dalam bangunan melalui kawat jaringan listrik dan bahayanya dapat merusak alat-alat elektronik di bangunan yang terhubung ke jaringan listrik itu, selain itu juga dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Untuk mencegah kerusakan akibat jaringan listrik tersambar petir, biasanya di dalam bangunan dipasangi alat yang disebut penstabil arus listrik (surge arrestor).

CV BUANA JAYA TEKNIK
Alamat : Jln Abdulah Fakih 32 ploso, wonoayu
telpone  : 031-7652 3474
mobile  : 08128889030, 085736389994
email    : nusantarapetir32@gmail.com



KAMI MELAYANI PEMASANGAN PENANGKAL PETIR SURABAYA , PENANGKAL PETIR MALANG , PENANGKAL PETIR GRESIK , PENANGKAL PETIR TUBAN , PENANGKAL PETIR SEMARANG , PENANGKAL PETIR BALI DAN SELURUH WILAYAH INDONESIA


Penangkal petir surabaya - Lightning protection surabaya - Anti petir surabaya - Anti penangkal petir surabaya - Penyalur petir surabaya - Surabaya penangkal petir - Surabaya anti petir - lightning rod surabaya - Pasang penangkal petir surabaya - Jasa penangkal petir surabaya - Agen penangkal petir surabaya - Distributor penangkal petir surabaya - Supplier penangkal petir surabaya - Supplayer penangkal petir surabaya - Supplaier penangkal petir surabaya - Toko penangkal petir surabaya - Jual penangkal petir surabaya - Resseler penangkal petir surabaya - Dealer penangkal petir surabaya - Jasa pasang penangkal petir surabaya - Ahli penangkal petir surabaya - Kontraktor penangkal petir surabaya - Spesialis penangkal petir surabaya - Spesialist penangkal petir surabaya - Grounding system surabaya - Kabel penangkal petir surabaya - Kabel coaxial surabaya - Sertifikat ijin DISNAKER surabaya - Agen penangkal petir kurn surabaya - Agen penangkal petir evo franklin surabaya - Agen Pensurabaya angkal petir viking - Agen penangkal petir thomas surabaya - Agen penangkal petir gent surabaya - Agen penangkal petir current surabaya - Agen penangkal petir neoflash surabaya - Agen penangkal petir flash vectron surabaya - Agen penangkal petir lpi surabaya - Agen penangkal petir guardian surabaya - Agen penangkal petir stormaster surabaya - Agen penangkal petir  ef surabaya - Agen penangkal petir erico surabaya - Agen penangkal petir eritech surabaya - Agen penangkal petir prevectron surabaya - Agen penangkal petir helita surabaya - Agen penangkal petir ufo surabaya - Agen penangkal petir nimbus surabaya - Agen penangkal petir konvensional surabaya - Agen penangkal petir konvensional surabaya - Agen penangkal petir splitzen surabaya - Harga pasang penangkal petir surabaya - Harga penangkal petir surabaya - Pasang penangkal petir surabaya murah - Penangkal petir elektrostatis surabaya - pasang penangkal petir radius surabaya - penangkal petir radius surabaya - Penangkal petir tombak surabaya - penangkal petir kurn surabaya - Penangkal petir viking surabaya - Penangkal petir evo franklin surabaya - Penangkal petir thomas surabaya - Penangkal petir gent surabaya - Penangkal petir current surabaya - Penangkal petir neoflash surabaya - Penangkal petir flash vectron surabaya -  petir lpi surabaya - Penangkal petir guardian surabaya - Penangkal petir stormaster surabaya - Penangkal Penangkalpetir ef surabaya - Penangkal petir erico surabaya - Penangkal petir eritech surabaya - Penangkal petir prevectron surabaya - Penangkal petir helita surabaya - Penangkal petir ufo surabaya - Penangkal petir nimbus surabaya - Penangkal petir konvensional surabaya - Penangkal petir Splitzen surabaya - Harga penangkal petir surabaya - Penangkal petir murah surabaya - Penangkal petir rumah surabaya - Penangkal petir elektrostatis surabaya - Penangkal petir radius surabaya - Penangkal petir tombak surabaya - spesialis penangkal petir surabaya, specialist penangkal petir surabaya, jasa penangkal petir surabaya, Penangkal petir malang - Lightning protection malang - Anti petir malang - lightning protection specialist - penyalur petir malang - lightning rod malang - distributor penangkal petir malang - jasa penangkal petir malang - Pasang penangkal petir malang - agen penangkal petir malang - supplier penangkal petir malang - supplayer penangkal petir malang - Supplayer penangkal petir malang - Supplier penangkal petir - Toko penangkal petir malang - Jual penangkal petir malang - Resseler penangkal petir malang - Dealer penangkal petir malang - Jasa pasang penangkal petir malang - Ahli penangkal petir malang - Kontraktor penangkal petir malang - Spesialis penangkal petir malang - Spesialist penangkal petir malang - Grounding system malang - Kabel penangkal petir malang - Kabel Coaxial Malang - Jual Kabel Coaxial malang - Sertifikat ijin DISNAKKER Malang -  Agen penangkal petir kurn malang - Agen penangkal petir thomas malang - Agen penangkal petir Gent malang - Agen penangkal petir evo franklin malang -  Agen penangkal petir Viking malang - agen penangkal petir current malang, agen penangkal petir neoflash malang , agen penangkal petir flash vectron malang, agen penangkal petir malang, agen penangkal petir evo franklin malang, agen penangkal petir surabaya - agen penangkal petir lpi - agen penangkal petir guardian -  agen penangkal petir guardian malang - agen penangkal petir stormaster - agen penangkal petir stormaster malang - agen penangkal petir ef - agen penangkal petir ef malang - agen penangkal petir erico - agen penangkal petir erico malang - agen penangkal petir eritech - agen penangkal petir kurn murah surabaya, agen penangkal petir prevectron murah surabaya, agen penangkal petir prevectron malang, agen penangkal petir helita malang, Agen penangkal petir ufo malang, Agen penangkal petir nimbus malang, Agen penangkal petir konvensional malang - Agen penangkal petir splitzen malang - harga penangkal petir malang - harga pasang penangkal petir surabaya - jual material penangkal petir surabaya - penangkal petir murah malang - penangkal petir rumah malang - pasang penangkal petir rumah surabaya - penangkal petir elektrostatis malang - penangkal petir radius malang - penangkal petir tombak malang - penangkal petir kurn malang - penangkal petir viking malang - penangkal petir evofranklin malang - penangkal petir kurn r 150 surabaya - penangkal petir thomas malang - penangkal petir gent malang - Penangkal petir current malang - penangkal petir neoflash malang - penangkal petir guardian malang - jual penangkal petir guardian malang - penangkal petir stormaster malang - penangkal petir ef malang - jual penangkal petir erico malang - jual penangkal petir eritech malang - jual penangkal petir prevectron malang - jual penangkal petir helita malang - jual penangkal petir ufo malang - jual penangkal petir nimbuss malang - pasang penangkal petir rumah atau konvesional malang - penangkal petir splitzen malang - penangkal petir tombak malang - harga pasang penangkal petir malang - penangkal petir murah malang - penangkal petir rumah malang - penangkal petir elektrostatis malang - penangkal petir radius malang - penangkal petir gresik - anti petir gresik - lightning protection gresik - penyalur petir gresik - spesialis penangkal petir gresik - toko penangkal petir gresik - pasang penangkal petir gresik murah - Penangkal petir surabaya , surabaya - jawa timur Penangkal petir malang - Penangkal petir gresik - Penangkal petir lamongan - Penangkal petir Jayapura -  penangkal petir karang anyar - gresik penangkal petir - gresik anti petir - gresik anti petir - pasang penangkal petir gresik - pasang gresik penangkal petir - Agen penangkal petir gresik -
First