PENANGKAL PETIR BALI - SPESIALIS PENANGKAL PETIR

CV BUANA JAYA TEKNIK merupakan perusahaan yang bergerak dalam ruang lingkup jasa dan suplay instalasi penangkal petir. Sesuai visi dan misi kami yang akan menjadikan perusahaan kami menjadi perusahaan yang berskala nasianal kami melayani jasa pemasangan dan suplay material penangkal petir seluruh wilayah Indonesia khususnya wilayah penangkal petir BALI dan sekitarnya. Untuk jasa pemasangan penangkal petir kami mempunyai team ahli yang  berkompeten di bidang  instalasi penangkal petir karena kami sudah lama menggeluti bidang penangkal petir. Sedangkan untuk suplay air terminal penangkal petir kami siap menyuplay produk lokal maupun impor. Produk lokal penangkal petir yang kami tawarkan diantaranya: air terminal penangkal petir Kurn, Flash vectron, Evo franklin, Thomas, Viking, Gent, Ufo. Semua produk lokal tersebut terjamin kualitasnya karena sudah teruji melalui laboratorium PLN-LMK sebagai badan yang berwenang mengeluarkan sertifikat layak mutu untuk produk penangkal petir di Indonesia.Untuk produk impor yang kami tawarkan di antaranya : Air Terminal Erico/Eritech system 3000, Guardian, Stromaster, Prevectron semua produk tersebut juga sudah teruji di negara masing masing.



RUANG LINGKUP PERUSAHAAN


1. PEMASANGAN PENANGKAL PETIR

Melayani pemasang penangkal petir dengan sistem penangkal petir konvensional ataupun elektrostatis dengan konstruksi penangkal petir monopele ( tiang tunggal ) ataupun penangkal petir diatas bangunan untuk wilayah : bali, surabaya, balikpapan, samarinda, banjarmasin, pontianak, dan seluruh wilayah Indonesia.

2.SUPLAY MATERIAL PENANGKAL PETIR

Melayani semua kebutuhan instalasi penangkal petir baik untuk head terminal ( penangkal petir ) untuk produk lokal maupun impor maupun kabel sebagai penghantar sambaran petir untuk wilayah : bali, surabaya, kalimantan dan seluruh Indonesia.

3.TIANG MONOPOLE

Melayani pembuatan tiang monopele yang di aplikasikan untuk konstruksi  instalasi pemasangan penangkal petir untuk wilayah : bali,  surabaya, kalimantan dan seluruh Indonesia

4.PERBAIKAN INSTALASI PENANGKAL PETIR

Melayani perbaikan penangkal petir ataupun grounding/pembumian yang sudah terpasang yang mengalami kerusakan bahkan yang sudah tidak berfungsi untuk wilayah : bali, surabaya, kalimantan dan seluruh Indonesia

5.GROUNDING SYSTEM

Melayani pemasangan grounding system untuk penangkal petir, gensett, antena radio, konstruksi bangunan dll untuk wilayah : bali, surabaya, kalimantan dan seluruh Indonesia

6.SURGE ARESSTER

Selain melayani pemasangan penangkal petir yang bertujuan memberikan perlindungan dari bahaya petir untuk bangunan dan jiwa di dalamnya kami juga melayani perlindungan alat alat elektronik yang ada dalam bangunan dari sambaran di luar cover radius penangkal petir yang sudah terpasang yaitu dengan pemasangan penangkal petir internal protection yang bertujuan melindungi muatan lebih pada arus listrik yang di sebabkan sabaran petir di luar radius proteksi penangkal petir elektrostatis untuk wilayah : bali, surabaya, kalimantan dan seluruh Indonesia

Adapun produk produk penangkal petir yang kami tawarkan diantaranya :

1.Penangkal petir Kurn

Penangkal petir kurn termasuk dalam penangkal petir elektrostatis yang bekerja secara aktif seperti pada umumnya penangkal petir elektrostatis.Penangkal petir kurn merupakan salah satu penangkal petir lokal yang sudah teruji lewat laboratorium PLN-LMK dan telah di terbitkan sertifikat kelayakan. Kami adalah salah satu agen yang menjual penangkal petir jenis kurn untuk wilayah timur indonesia. Penangkal petir kurn sendiri mempunya beberapa type sesuai dengan cover area radius diantaranya :

Kurn R80 untuk cover area radius 80m ( jari jari 80 )
Kurn R85 untuk cover area radius 85m  ( jari jari 85 )
Kurn R150 untuk cover area radius 150m ( jari jari 150 )


2.Penangkal petir Viking

Penangkal petir viking sendiri juga termasuk salah satu penangkal petir elektrostatis produk lokal. Penangkal petir viking juga telah mempunyai sertifikat kelayakan mutu dan merupakan penangkal petir yang bekerja efektif untuk mengcover radius area.Penangkal petir viking mempunyai 2 type yaitu :
Viking V.3 untuk mengcover radius area 90M ( jari jari 90M )
Viking V.6 untuk mengcover radius area 120M ( jari jari 90M )


3. Penangkal petir Evo Franklin


Penangkal petir evo franklin merupan penangkal petir elektrostatis dan merupan penangkal petir produk lokal. Penangkal petir evo franklin sudah mendapatkan sertifikat melalui uji laboratorium PLN=LMK sebagai lembaga yang menguji setiap produk penangkal petir. Penangkal evo franklin sendiri mempunyai beberapa type antara lain;



-Evo franklin radius 60 ( EF,60 )
-Evo franklin radius 80 ( EF.80 )
-Evo franklin radius 150 ( EF.150 )


4.Penangkal petir Flash Vectron

Penangkal petir flash vectron sendiri juga termasuk penangkal petir elektrostatis produk lokal. Penangkal petir flash vectron sangat di gunakan untuk daerah tropis yang instensitas sambaran petir sangat tinggi seperti di Indonesia. Penangkal petir flash vectron terbuat dari bahan yang kokoh dan dapat efektif untuk mengcover radius perlindungan penangkal petir.penangkal petir flash vectron mempunyai  type yaitu :


-Penangkal petir flash vectron radius 85M ( FV.3 )
-Penangkal petir flash vectron radius 156M ( FV.6 )


5.Penangkal petir Gent

Penangkal petir gent merupakan penangkal petir elektrostatis produk lokal dan mempunyai beberapa type yaitu :

-Penangkal petir gent radius 35 ( C )
-Penangkal petir gent radius 60 ( B )
-Penangkal petir gent radius 150 ( A )




Penangkal petir di atas semua merupakan penangkal petir elektrostatis produk lokal, selain penangkal produk lokal kami juga melayani penangkal petir impor yang berkualitas serta bersertifikat. Produk impor penangkal petir yang kami sediakan di antaranya :

1. Penangkal petir LPI Guardian ( Australia )

LPI Guardian System 5 dirancang khusus untuk perlindungan keamanan sambaran petir. Terverifikasi sesuai dengan IEC Test Standard: IEC 60-1:1989.






Spesifikasi :

Early Streamer Emission ( ESE )
No power supply or solar cells
no radioactive
discharge current 300 ka
protection radius 70 – 120 m

Penangkal petir Guardian mempunyai beberapa type di antaranya :

-Penangkal petir Guardian radius 70M ( Cat I )
-Penangkal petir Guardian radius 110M ( Cat II )
-Penangkal petir Guardian radius 134M ( Cat III )





2.Penangkal petir Stromaster

Penangkal Petir LPI Stromaster

Efisiensi dan kekuatan keamanan menjadi rancangan khusus pada LPI Stromaster. Terverifikasi NF C 17-102 pada laboratorium tegangan tinggi Internasional.




Spesifikasi :

Early Streamer Emission ( ESE )
No power supply or solar cells
no radioactive
discharge current 300 ka
protection radius 100 – 120 m

Penangkal petir Stromaster mempunyai beberapa type di antaranya :

-Penangkal petir Stromaster radius 75M ( ESE 15 )
-Penangkal petir Stromaster radius 90M ( ESE 30 )
-Penangkal petir Stromaster radius 110M ( ESE 50 )
-Penangkal petir Stromaster radius 120M ( ESE 60 )




3.Penangkal petir Erico/Eritech system 3000

Menggunakan bahan material Stainless Steel 316 (EN 1.4401). Temperature: -40 to 100 °C .







Spesifikasi :

Early Streamer Emission ( ESE )
No power supply or solar cells
no radioactive
discharge current 300 ka
protection radius 120 m


Penangkal petir erico mempunyai satu type yaitu :

Penangkal petir eritech system 3000 radius 100M ( EF )


4. Penangkal petir prevectron

Terverifikasi international and French standards, especially the NF C 17 102: 2011 and UNE 21 186: 2011 standards.







Spesifikasi :

Early Streamer Emission ( ESE )
No power supply or solar cells
no radioactive
discharge current 300 ka
protection radius 52 – 120 m

Tipe :

TS.2.25 ( Radius : 52 Meter )

TS.3.40 ( Radius : 67 Meter )

S 3.40 ( Radius : 80 Meter )

S 4.50 ( Radius : 100 Meter )

S 6.60 ( Radius : 120 Meter )


KABEL PENGHANTAR PENANGKAL PETIR

Selain melayani pemasangan penangkal petir dan suplay penangkal petir kami juga melayani untuk suplay material pendukung dalam instalasi pemasangan penangkal petir yaitu kabel penghantar penangkal petir.
 
Kabel penghantar mempunyai fungsi sangat penting dalam instalasi penangkal petir. Kabel penghantar penangkal petir adalah jalur logam elektris yang menghubungkan antara ujung finial atau air terminal penerima sambaran kedalam tanah / pembumian, dengan tujuan menyalurkan muatan listrik yang disebabkan sebuah sambaran. Maka secara fungsi kabel penghantar penangkal petir harus mampu menahan dan menerima beban tegangan kejut dan arus yang melaluinya.
Atau juga bisa di difinisikan bahwa Kabel penyalur petir adalah untaian kawat logam dengan luasan tertentu dan di desain sesuai dengan kebutuhan sebagai penyalur arus yang sangat besar.yaitu sebagai penghubung / penyalur arus listrik petir yang ditangkap oleh penangkal petir ke grounding sistem.

Kabel penghantar yang biasa digunakan untuk instalasi penangkal petir yaitu :


Kabel NYY termasuk jenis kabel penghantar arus sambaran petir yang mempunyai dua isolator yang karakteristknya berfungsi melindungi dari induksi dan loncatan arus antara inti kabel dengan material lain di sekitarnya. Dengan adanya dua isolator loncatan induksi bisa di redam seminim mungkin dan bahkan nyaris tidak adanya induksi dari loncatan arus, kabel NYY bisa di lihat kode yang tertera pada kabel yaitu YY.





Kabel NYA termasuk jenis kabel penghantar arus sambaran petir yang mempunyai isolator tunggal atau satu isolator yang berfungsi melindungi loncatan induksi dan loncatan inti arus antara inti kabel dengan material di sekitarnya. Kabel NYA dapat dapat dilihat dari kodenya yaitu YA yang ada pada kabel.

Kabel NYA , kabel NYA merupakan kabel yang memiliki 1 ( satu ) lapis isolator yang membungkus batang konduktor didalamnya, meskipun dengan satu lapisan isolator kanel NYA juga dapan menyalurkan sambaran petir dengan baik dengan menggunakan kabel ukuran minimal 50mm.


Kabel Coaxial sendiri termasuk kabel penghantar arus sambaran petir dengan spesifikasi tinggi yang mempunyai kualitas terbaik diantara jenis kabel penghantar arus penangkal petir lainnya. Kabel Coaxial sendiri mempunyai karakteristik banyak isolator, konduktor inti kabel coaxial mempunyai dua buah yang masing – masing mempunyai penampang 35 mm, yang mana terdapat suatu rangkaian isolator yang terdiri dari banyak material menjadi satu kesatuan isolator pada kabel yang berfungsi melindungi loncatan arus antara inti kabel dengan material di sekitar dengan sifat konduktor ( penghantar ).




Kabel Bc termasuk jenis kabel penghantar arus sambaran petir untuk disalurkan ke grounding system dalam pemasangan instalasi penangkal petir. Kabel BC sendiri mempunyai karakteristik tanpa ada isolator ( telanjang ). Jadi kabel ini hanya inti kabel saja tanpa ada isolator yang melindunginya yang biasa disebut bare core.

Kabel BC biasanya diaplikasikan untuk kabel penghantar instalasi penangkal petir konvensional ( runcing ) yang biasanya untuk rumah tinggal yang mempunyai radius perlindungan yang lebih kecil.Hanya saja kabel BC yang tidak mempunyai isolator perlindungan dikhawatirkan terjadinya induksi dan loncatan arus pada material konduktor, akan tetapi bisa  sedikit diatasi dengan membungkus kabel BC tersebut dengan menggunakan pipa PVC listrik


Dari tipe - tipe kabel diatas batas ukuran luas penampang yang dianjurkan adalah minimal 50 mm2, semakin besar semakin baik karena semakin luas penanampang semakin kecil nilai hambatan / resistansinya.

GROUNDING SYTEM / PEMBUMIAN


Grounding system atau pembumian adalah benda logam yang di tanam dalam tanah berfungsi sebagai pelepasan muatan listrik, tanah atau bumi adalah sebuah masa yang bersifat netral dan memiliki volume yang luar biasa besar sehingga mampu untuk menyerap dan menetralkan muatan listrik sebesar apapun. Tingkat kehandalan sebuah grounding ada di nilai konduktifitas logam terhadap tanah yang ditancapinya, semakin konduktif tanah terhadap benda logam maka semakin baik. kelayakan Grounding / Pembumian harus bisa mendapatkan nilai Tahanan sebaran Maksimal 5 Ohm (bila bibawah 5 Ohm lebih baik) dengan menggunakan Ohm Meter khusus (Eart Tester Meter). Untuk mendapatkan nilai tahanan sebaran grounding dibawah 5 ohm tidak semua areal bisa dengan mudah memenuhi nilai grounding yang diinginkan, tergantung oleh berbagai macam faktor yang mempengaruhinya misal :

Kadar Air

Bila air tanah dangkal / penghujan maka nilai tahanan sebaran mudah didapatkan sebab sela sela tanah mengandung cukup air bahkan berlebih, sehingga konduktifitas tanah akan semakin baik.

Mineral / Garam

Kandungan mineral tanah sangat mempengaruhi tahanan karena semakin berlogam dan bermineral tinggi maka tanah semakin mudah menghantarkan listrik, daerah pantai kebanyakan memenuhi ciri khas kandungan mineral dan garan tinggi sehingga, tanah sekitar pantai akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan tahanan tanah yang rendah.


Keasaman

Semakin asam PH tanah maka arus listrik semakin mudah menghantarkan dan berlaku sebaliknya PH tanah Tinggi (basa) maka listrik juga sulit mengalir. Ciri tanah dengan PH Tinggi (basa) biasanya berwarna terang misalnya Bukit Kapur.



Tekstur tanah
Untuk daerah yang bertekstur pasir dan porous akan  sulit untuk mendapatkan tahanan  sebaran yang baik karena untuk jenis tanah ini air dan mineral akan mudah hanyut dan tanah mudah kering.

Melihat karakteristik tanah sebagaimana di atas maka ada berbagai teknis pembuatan grounding yang bisa dipakai :

Single Rod Grounding
Ground yang hanya terdiri dari satu buah titik penancapa stik Rod arus pelepas di dalam tanah dengan kedalaman tertentu (misal. 3 mtr). untuk daerah yang memiliki karakteristik tanah yang konduktif tentu mudah untuk didapatkan tahanan sebaran tanah dibawah 5 ohm hanya dengan satu buah rod.

Paralel Rod Grounding
Grounding system Paralel menjadi tindakan alternatif bila sistem single masih mendapatkan hasil yang kurang baik ( diatas 5 Ohm ) maka perlu ditambahkan stick arus pelepas dengan minimal jarak antar stick 2 meter dari ground sebelumnya dan di sambung ke ground baru disebelahnya, hal ini dilakukan berulang sampai menghasilkan nilai tahanan tanah yang diinginkan ( dibawah 5 Ohm )

Multi Grounding System
Bila didapati kondisi tanah yang memiliki ciri
1. kering/air tanah dalam
2. kandungan logam sedikit
3. Basa (berkapur)
4. Pasir dan Porous.

Maka penggunaan 2 cara diatas akan susah dan bisa gagal untuk mendapatkan resistansi kecil, maka teknis yang digunakan dengan cara penggantian tanah dengan tanah yang mempunyai sifat menyimpan air atau tanah yang kandunga mineral garam dapat menghantar listrik dengan baik, pada daerah titik logam rod ground yang di tancapkan dan di kisaran kabel penghubung antar ground nya. Tanah Humus, Tanah dari kotoran Ternak, Tanah Liat Sawah  cukup bisa memenuhi standart hantar tanah yang baik.





Caranya :

Letak titik rod di bor dengan lebar kisaran 2 inchi atau lebih , kemudian di isi dengan Tanah Humus sampai penuh kemudian di isi air kemudian rod ground di masukkan. Parit penghubung antar rod ground yang sudah terpasang kabel penghubung ( BC ) di tanam kembali dengan tanah Humus.

Cara Kerja :
Saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrik positif di tanah akan segera tertarik. Muatan listrik kemudian segera merambat naik melalui kabel konduktor , menuju ke ujung batang penangkal petir. Ketika muatan listrik negatif berada cukup dekat di atas atap, daya tarik menarik antara kedua muatan semakin kuat, muatan positif di ujung-ujung penangkal petir tertarik ke arah muatan negatif. Pertemuan kedua muatan menghasilkan aliran listrik. Aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah, melalui kabel konduktor, dengan demikian sambaran petir tidak mengenai bangunan. Tetapi sambaran petir dapat merambat ke dalam bangunan melalui kawat jaringan listrik dan bahayanya dapat merusak alat-alat elektronik di bangunan yang terhubung ke jaringan listrik itu, selain itu juga dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Untuk mencegah kerusakan akibat jaringan listrik tersambar petir, biasanya di dalam bangunan dipasangi alat yang disebut penstabil arus listrik (surge arrester).


Pemasangan penangkal petir sangat dibutuhkan untuk pengamanan adanya sambaran petir tunggu apalagi lindungi bangunan dan aset anda dari sambaran petir misalnya : Rumah, Gedung, Perumahan, Cluster, Pabrik, Golf, Pergudangan, Pertambangan, Tower, DLL yang berada di wilayah tropis rawan petir dan curah hujan tinggi seperti di Indonesia.

tag,
penangkal petir Surabaya
penangkal petir Sidoarjo
penangkal petir Malang
penangkal petir Gresik
- penangkal petir Pasuruan
penangkal petir Mojokerto
- penangkal petir Badung
- penangkal petir Bangli
- penangkal petir Buleleng
- penangkal petir Gianyar 
- penangkal petir Jembrana 
- penangkal petir Karangasem 
- penangkal petir Klungkung 
- penangkal petir Tabanan 
- penangkal petir Denpasar
- penangkal petir Balikpapan 
- penangkal petir Samarinda 
- penangkal petir Pontianak
- penangkal petir Palangkaraya
- penangkal petir Sampit 
- penangkal petir Bontang 
- penangkal petir Banjar Baru 
- penangkal petir Singkawang 
- penangkal petir Tarakan
penangkal petir Manado
penangkal petir Bitung
penangkal petir Palu
penangkal petir Kendari
penangkal petir Gorontalo
- penangkal petir Palopo
penangkal petir Baubau
penangkal petir Parepare
penangkal petir Kotamobagu
penangkal petir Bima
penangkal petir Dompu
penangkal petir Lombok barat
penangkal petir Lombok tengah
penangkal petir Lombok timur
penangkal petir Lombok utara
penangkal petir Sumbawa
penangkal petir Mataram
penangkal petir Kupang
penangkal petir Sumba barat
penangkal petir Sumba tengah
penangkal petir Sumba timur
penangkal petir Sumba barat daya
penangkal petir Papau
penangkal petir Timika
penangkal petir Jayapura
penangkal petir Mimika
penangkal petir Sorong
penangkal petir Biak
- penangkal petir banjarmasin
- penangkal petir samarinda
- penangkal petir balikpapan
- penangkal petir pontianak
- penangkal petir bengkulu
- penangkal petir kutai
- penangkal petir pangkalan bun
- penangkal petir riau
- penangkal petir medan
- penangkal petir tanjung karang
- penangkal petir palembang
- penangkal petir aceh
- penangkal petir lampung
- penangkal petir makasar
- penangkal petir gorontalo
- penangkal petir menado
- penangkal petir maluku
Previous
Next Post »